Banjarnegara – Ratusan guru Pengurus Kabupaten dan Pengurus Cabang PGRI Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur melakukan ziarah ke makam Dr Sulistyo yang berada di tengah perbukitan Desa Kalitengah, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara Jawa Tengah Minggu (6/8/2023).

Suasana khidmat Nampak terlihat dari ratusan tanda jasa menundukkan kepala serentak mendoakan sosok bersemayam di makam tersebut.

Makam yang ada di dalam bangunan pendopo penuh ukiran itu merupakan Dr. Sulistyo. Ia sosok yang memperjuangkan jasa guru di Indonesia.

Sebelumnya, pengurus kabupaten dan pengurus cabang Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sidoarjo melakukan rapat Konferensi Kerja Kabupaten (Konkerkab) III masa bakti XXII Tahun 2023 di Hotel Surya Yudha Banjarnegara.

Rombongan dipimpin Ketua PGRI Sidoarjo Edy Wuryanto dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo Tirto Adi.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Tirto Adi mengungkapkan, jika Gajah meninggalkan Gading, Harimau Meninggalkan Belang, maka, Manusia Mati Meninggalkan Nama.

“Untuk itu, nama Dr. Sulistyo ini begitu dikenal di seluruh Indonesia berkat perjuangannya terkait Undang-Undang Guru dan Dosen, serta sertifikasi guru guna kesejahteraannya bisa terangkat,” ungkapnya.

Berkisah tentang sosok Sulistyo bukan sekedar menyoal tokoh pendidikan yang memperjuangkan nasib guru se Indonesia. Tapi, karir sosok anak kampong di pelosok Banjarnegara yang karirnya luar biasa.

Sulistyo disebut sebagai pahlawan yang berhasil mencetuskan sertifikasi bagi guru. Tapi sayang, Sulistyo harus mengalami insiden tragis karena menjadi salah satu korban meninggal dunia dalam kebakaran Ruang Udara Bertekanan Tinggi di Rumah Sakit Angkatan Laut Mintoharjo, Jakarta Pusat, 2016. Emil Mukhtar Efendi/Infokom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here