SIDOARJO – Pramuka Gugus Depan 02.50 dan Gugus Depan 02.60 Pangkalan SMP PGRI 1 Buduran menggelar Lomba Kepramukaan dan Lomba dalam rangka HUT ke-78 RI di halaman sekolah, Senin (14/8/2023). Lomba tersebut dilaksanakan dalam rangka memeringati Hari Ulang Tahun ke-62 Gerakan Pramuka (Praja Muda Karana) Indonesia.

Lomba Kepramukaan yang dibuka dengan sambutan Kamabigus SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd tersebut meliputi: (1) Lomba Yel-Yel untuk peserta didik kelas VII, (2) Lomba Pionering Kaki Tiga dengan 5 tongkat untuk peserta didik kelas VIII, dan (3) Lomba Pionering Tiang Bendera dengan 7 tongkat untuk peserta didik kelas IX.

“Silakan adik-adik Pramuka berlomba dengan penuh semangat dan sportivitas. Berikan yang terbaik pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-62 Gerakan Pramuka Indonesia ini. Silakan berkreasi dan berekspresi, dengan penuh totalitas,”ujarnya.

Dengan penuh bersemangat, satu per satu regu Pramuka peserta didik kelas VII menampilkan yel-yelnya. Tepuk tangan pun terdengar membahana pada setiap akhir tampilan. Disusul dengan lomba pionering peserta didik kelas VIII dan IX, yang harus memenuhi kriteria penilaian: ketepatan, kecepatan, dan kekuatan. Sebelum lomba, dilaksanakan upacara peringatan HUT ke-62 Pramuka di halaman sekolah. Dengan pembina upacara, yakni Siti Tri Mudayana, S.Pd. Diikuti oleh Kamabigus SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd, para pembina Pramuka, dan adik-adik penggalang Pramuka Pangkalan SMP PGRI 1 Buduran.Upacara dilengkapi dengan pengibaran bendera merah putih, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, menyanyikan lagu Hymne Pramuka, menyanyikan lagu Mars Pramuka, mengheningkan cipta, membacakan Pancasila, membacakan Tri Satya, membacakan Dasa Darma Pramuka, dan doa.

Dalam amanatnya, pembina ucapara menyampaikan makna tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-62 Pramuka: “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional”. Untuk memotivasi peserta upacara, disampaikan filosofi orang Jepang yang pekerja cerdas, pekerja keras, disiplin, dan bertanggung jawab. Pembina OSIS SMP PGRI 1 Buduran, M. Agus Setiawan, S.Pd menyebutkan, dalam rangka HUT ke-78 RI di SMP PGRI 1 Buduran, diselenggarakan berbagai lomba: go back through the door (gobak sodor), racing tank, makan kerupuk, kepruk plastik isi air, merangkai buah lokal, menyajikan jajanan tradisional, menata nasi tumpeng, tarik tambang, estafet air, kempit balok, karnaval, dan bazar.

(Koesmoko, Humas SMP PGRI 1 Buduran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here